Penerapan Problem Based Learning

Dipublikasikan oleh admin pada

Video berikut merupakan salah satu contoh penerapan model pembelajaran berbasis pada masalah atau yang kita kenal dengan Problem Based Learning. Smeoga bisa menjadi khasanah baru yang bisa menambah wawasan kita semua. berikan komentar pada website ini ataupu pada channel youtube kami. Diperankan oleh Muslin, S.Pd (Guru MTsN 2 Manggarai Barat)

Pembelajaran berbasis masalah (bahasa Inggris: problembased learning atau disingkat PBL) adalah suatu pembelajaran yang menyuguhkan berbagai situasi bermasalah yang autentik dan bermakna kepada siswa yang berfungsi sebagai landasan bagi investigasi dan penyelidikan siswa.

Maksud dari PBL bagi siswa adalah untuk belajar tentang cara menyelediki permasalahan-permasalahan penting dan menjadi pelajar-pelajar yang mandiri. PBL memiliki lima fase disertai perilaku yang dibutuhkan guru untuk masing-masing fasenya, yaitu:

  • Fase 1: memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada siswaPerilaku Guru : Guru membahas tujuan pembelajaran, mendeskripsikan berbagai kebutuhan logistik penting, dan memotivasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan mengatasi masalah.
  • Fase 2: mengorganisasikan siswa untuk menelitiPerilaku Guru : Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang terkait dengan permasalahannya.
  • Fase 3: membantu investigasi mandiri dan kelompokPerilaku Guru : Guru mendorong siswa untuk mendapatkan informasi yang tepat, melaksanakan eksperimen, dan mencari penjelasan dan solusi.
  • Fase 4: mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibitPerilaku Guru : Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan artefak-artefak yang tepat, seperti laporan, rekaman video, dan model-model, dan membantu mereka untuk menyampaikannya kepada orang lain.
  • Fase 5: menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi-masalahPerilaku Guru : Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi terhadap investigasinya dan proses-proses yang mereka gunakan.’

Sumber: WIKIPEDIA


0 Komentar

Komentar